Oleh: Aku Anak Indonesia | November 7, 2010

“Green Festival” Pelajaran Berharga Untuk Selamatkan Bumi

“Green Festival” Pelajaran Berharga Untuk Selamatkan Bumi

Ancaman pemanasan global terhadap kelangsumngan kehidupan bumi semakin nyata tetapi masih banyak yang belum menyadari. Tampaknya acara Green Festival 2010 yang bertema “Solusiku Untuk Bumi” merupakan salah satu upaya untuk menyadarkan masyarakat guna menyelamatkan bumi dari dampak perubahan iklim. Festival yang sangat menarik seharusnya dijadikan agenda khusus setiap sekolah untuk mengikutkan murid-muridnya mengikuti kampanye yang sangat positif itu. Perilaku peduli untuk selamatkan bumi tersebut harus dimulai sejak usia anak atau remaja.

Akibat pemanasan global tersebut emebuat suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, “sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia” melalui efek rumah kaca.  Berdasarkan model tersebut, para ilmuan telah membuat beberapa prakiraan mengenai dampak pemanasan global terhadap cuaca, tinggi permukaan air laut, pantai, pertanian, kehidupan hewan liar dan kesehatan manusia. Gambaran dari para ilmuwan tersebut seharusnya disosialisasikan dengan baik khususnya terhadap generasi muda atau anak untuk menciptakan perilaku yang peduli terhadap kelangsungan kehidupan bumi. Langkah awal sederhana yang dapat dilakukan setiap manusiapun selama ini tidak disadari dapat ikut meyelamatkan bumi.

Green Festival

Green Festival yang ketiga kalinya digelar tersebut berlangsung selama tiga hari hingga Minggu, 7 November 2010 di Parkir Timur Senayan. Acara tersebut sebagai ajang kampanye yang mengangkat isu pemanasan global. Pemanasan global atau global warming terjadi karena terperangkapnya panas matahari di atmosfer bumi yang mengandung sejumlah gas secara berlebihan.

Rangkaian  kampanye harus bertujuan untuk menyelamatkan bumi, menghentikan pemanasan global hingga mendukung gerakan vegetarian dan penghijauan.  Melalui gerakan ini mengajak seluruh masyarakat mendukung gerakan vegetarian dan penghijauan, termasuk penghematan pemakaian BBM. Melalui penghematan pemakaian BBM, akan menghemat pengeluaran sehari-hari dan bermanfaat secara positif untuk menanggulangi bencana alam akibat pemanasan global. Semua lapisan masyarakat khususnya anak-anak harus mulai diterapkan minat untuk  ikut melakukan sesuatu yang bermanfaat dan positif untuk menghentikan pemanasan global demi kepentingan generasi selanjutnya. Atas dasar itu, cara termudah adalah mengubah pola hidup yang lebih peduli lingkungan dan lebih hemat, termasuk mengurangi konsumsi daging sebagai salah satu penghasil emisi terbesar. Kajian yang ada memperlihatkan bahwa memproduksi satu kilo daging menyebabkan emisi yang setara dengan 36,4 kilo karbon dioksida,” tandasnya.

Emisi gas rumah kaca terjadi karena ulah manusia yang melakukan aktivitas meemompa CO2 ke atmosfer bumi seperti dari asap kendaraan bermotor, peralatan elektronik dan buangan industri.Contoh nyata akibat pemanasan global sudah kita rasakan, seperti cuaca panas yang meningkat dan banjir yang baru-baru ini melanda Jakarta.

Sesuai dengan tema Green Festival, kampanye ini juga mengajak masyarakat menjadi bagian dari solusi guna mengurangi efek pemanasan global. Dalam Green Festival 2010 selain diinisiasi oleh enam anggota Green Inisiatif Forum (GIF) yaitu PT Unilever Indonesia, Pertamina, PT Tirta Investama, Harian kompas, Metro TV dan FeMale Radio juga mengikutsertakan 26 komunitas pencinta lingkungan. Keterlibatan komunitas pencinta lingkungan tersebut bertujuan agar Green Festival menjadi milik semua orang bukan hanya anggota GIF sehingga semua orang bisa ikut serta menjaga lingkungan. Green Festival 2010 akan tetap menampilkan identitas dan ciri khasnya yaitu Experience Tunnel. Kali ini bagian depan Experience Tunnel menampilkan kondisi bumi saat ini dan visualisasi es mencair.

 

Provided by

Audi Yudhasmara

SAVE THE EARTH FOR NEXT GENERATION. Yudhasmara Foundation

Working together support to Save The Green Earth . Help Me Save The Earth 

email :  judarwanto@gmail.com   Office : JL Taman bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210  Phone : (021) 70081995 – 5703646 

Supported by  : CLINIC FOR CHILDREN Yudhasmara Foundation   www.childrenclinic.wordpress.com/  SUPPORT TO THE HEALTH OF ALL CHILDREN BY CLINICAL, RESEARCH AND EDUCATIONS.  Advancing of the future pediatric and future parenting to optimalized physical, mental and social health and well being for fetal, newborn, infant, children, adolescents and young adult    

Copyright © 2010, Save The Earth For Next Generation. Information Education Network. All rights reserved


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori